Iklan

terkini

4 Tipe Kepemilikan Tanah Menurut S.I. Cohen

Profaupedia
21 Maret 2022, 10.55 WIB Last Updated 2022-03-21T03:09:11Z

Ilustrasi Tipe Kepemilikan Tanah. - Source: food.detik.com

Secara historis perkembangan sektor agraria pada masing-masing wilayah nasional bahkan internasional dipastikan tidak sama. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat yang terisolir secara geografis (spasial), sosial, budaya, maupun ekonomi regional, cenderung bertahan pada pola penguasaan tanah komunal (masyarakat adat). Sebaliknya, bagi mereka yang cepat respon terhadap setiap perubahan lebih cepat mengalami perkembangan.


S.I. Cohen dalam buah penanya “Agrarian Stuctures and Agrarian Reform”, membagi kepemilikan tanah tradisional menjadi empat tipe sebagai berikut:

1. Tipe komunal Afrika; selain terdapat pada suku-suku di Afrika sendiri, juga ditemukan di tempat lain. Dalam pandangan mereka tanah merupakan penguasaan bersama (common proverty) dan akses terhadap tanah relatif tidak dibatasi.

2. Tipe Asia; dimana status kepemilikan tanah didasarkan pada pemilik-penggarap (owner-operator), penyewa-penggarap (leasehold), dan petani penyakap bagi hasil (crop-sharing).

3. Penguasaan tanah Amerika Latin; yang memperlihatkan ciri tersendiri selain pemilik-penggarap, penyewa-penggarap, dan penyakap, juga dikenal sistem perkebunan yang disebut “latifundio”. Dalam bentuk tipikal perkebunan ini, sebagian kecil lahan digarap secara ekstensif, dan sisanya dibiarkan liar dan tidak terpakai. Tipe ini merupakan penguasaan tanah secara politik, yang ditandai oleh pemilikannya bersifat guntai (absentee owner) dan dikelola oleh pegawai-pegawai bayaran, serta digarap oleh petani-petani semi hamba (semi-serf).

4. Tipe perkebunan; yakni pemilikan tanah yang besar oleh perusahaan besar atau perusahaan swasta, baik dalam negeri maupun asing. Penggunaan tanahnya bersifat intensif dan monokultur, produksi bersifat komersial, dan berorientasi ekspor.


*Referensi:

Ahmadin (2013). Sejarah Agraria: Sebuah Pengantar. Makassar: Rayhan Intermedia

Bachriadi, Dianto, dkk. (1997). Reformasi Agraria: Perubahan Politik, Sengketa, dan Agenda Pembaruan Agraria di Indonesia. Jakarta: FE-UI. 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 4 Tipe Kepemilikan Tanah Menurut S.I. Cohen

Terkini

Iklan