Iklan

terkini

Arti Kata Maritim

Profaupedia
17 Februari 2022, 09.21 WIB Last Updated 2022-02-17T01:25:20Z
Ilustrasi dunia maritim atau aktivitas niaga bahari. - Source : Guruakuntansi.co.id


Apa arti kata maritim? Sebuah pertanyaan yang sering muncul tatkala kita ingin mempelajari lebih jauh atau membahas hal-hal yang berhubungan dengan laut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maritim artinya sesuatu yang berkenaan dengan laut atau berhubungan dengan pelayaran dan perdagangan di laut. Adapun arti kemaritiman adalah hal-hal yang menyangkut masalah maritim.


Dalam Merriam-webster.com disebutkan bahwa maritim berkaitan dengan atau berbatasan dengan laut; berkaitan dengan navigasi atau perdagangan laut; memiliki ciri-ciri pelaut. Bahkan kata maritim (maritime) disinonimkan dengan kata marine (laut), neutical (bahari), dan navigation.


Kata maritim seperti dikutip dari Youthmaritimecollaborative.org, juga berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan laut atau perairan di seluruh dunia, terutama berhubungan dengan navigasi, pelayaran, dan teknik kelautan. 


Lebih jauh arti maritim dijelaskan dengan mengacu pada Dictionary.com yang menyebutkan bahwa: (1) maritim berhubungan laut atau saluran air ke laut kaitannya dengan navigasi, pelayaran, dan lain-lain. Hal ini dicontohkan melalui kalimat "Perdagangan maritim menyumbang trilliunan dollar dalam kegiatan tahunan Amerika Serikat"; (2) Maritim juga diartikan dari atau berkaitan dengan laut atau saluran air ke laut : sumber daya maritim; (3) maritim berarti berbatasan dengan laut : kota bahari yang indah; (4) maritim berarti tinggal di dekat atau di laut : tanaman laut; dan (4) Maritim berhubungan dengan karakteristik seorang pelaut : bahari, seperti pada ungkapan "Dia berdiri di dek depan, senang mengenakan perlengkapan hujan maritimnya".


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Arti Kata Maritim

Terkini

Iklan