Siapakah I Manrabia Sultan Najamuddin?

Siapakah I Manrabia Sultan Najamuddin?

06 Februari 2021, 10.36
Ilustrasi. Kompleks Makam Raja-raja Tallo. (PANDUANWISATA.ID)

Membaca sejarah kerajaan Gowa dan Tallo, akan ditemukan nama I Manrabia Sultan Najamuddin yang tercatat dalam deretan nama-nama penguasa yang pernah memerintah. I Manrabia Sultan Najamuddin adalah seorang Raja Tallo yang menggantikan ayahnya.


Dalam Ensiklopedia Sejarah Sulawesi Selatan Sampai Tahun 1905, disebutkan sebelumnya ia pernah menjadi Raja Gowa Ke-22 sewaktu ayahnya meninggalkan tahta Kerajaan Gowa. Penyebabnya karena muncul intrik-intrik di dalam istana kerajaan yang dimotori oleh Karaeng Bontolangkasa.


Pada daftar nama-nama raja Kerajaan Gowa yang memerintah dari tahun 1320-1957, tercatat namanya pada nomor urut 22 yakni I Manrabia Karaeng Kanjilo Sultan Najamuddin Tumenanga Ri Jawaya. Sang raja (Somba, Bahasa Makassar) yang dianugerahi gelar anumerta Tumenanga Ri Jawaya ini, memerintah di kerajaan Gowa dalam kurun waktu 1712-1724. 


Sekadar dijelaskan bahwa dalam sejarah berdirinya Kerajaan Gowa, mulai dari Raja Tumanurung Bainea sampai dengan setelah era Raja Sultan Hasanuddin  telah mengalami 36 kali pergantian Somba (raja). 

TerPopuler