Iklan

terkini

I Manrabia Sultan Najamuddin

redaksi
06 Februari 2021, 10.36 WIB Last Updated 2022-10-21T06:34:27Z
Kompleks Makam Raja-raja Tallo di Kota Makassar. - Source: Panduwisata.id

Membaca sejarah kerajaan Gowa dan Tallo, akan ditemukan nama I Manrabia Sultan Najamuddin yang tercatat dalam deretan nama-nama penguasa yang pernah memerintah. I Manrabia Sultan Najamuddin adalah seorang Raja Tallo yang menggantikan ayahnya.


Dalam Ensiklopedia Sejarah Sulawesi Selatan Sampai Tahun 1905, disebutkan sebelumnya ia pernah menjadi Raja Gowa Ke-22 sewaktu ayahnya meninggalkan tahta Kerajaan Gowa. Penyebabnya karena muncul intrik-intrik di dalam istana kerajaan yang dimotori oleh Karaeng Bontolangkasa.


Pada daftar nama-nama raja Kerajaan Gowa yang memerintah dari tahun 1320-1957, tercatat namanya pada nomor urut 22 yakni I Manrabia Karaeng Kanjilo Sultan Najamuddin Tumenanga Ri Jawaya. Sang raja (Somba, Bahasa Makassar) yang dianugerahi gelar anumerta Tumenanga Ri Jawaya ini, memerintah di kerajaan Gowa dalam kurun waktu 1712-1724. 


Sekadar dijelaskan bahwa dalam sejarah berdirinya Kerajaan Gowa, mulai dari Raja Tumanurung Bainea sampai dengan setelah era Raja Sultan Hasanuddin  telah mengalami 36 kali pergantian Somba (raja). 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • I Manrabia Sultan Najamuddin

Terkini

Iklan