Daun Kemangi Berkhasiat Menyembuhkan Gatal Pada Kulit

Daun Kemangi Berkhasiat Menyembuhkan Gatal Pada Kulit

07 Februari 2021, 05.30

Ilustrasi - Daun Kemangi yang berkhasiat menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. (DOKTER HERBAL/PROFAUPEDIA REPRO)


Daun Kemangi atau juga populer dengan sebutan lalapan, tidak hanya berfungsi sebagai pewangi makanan (masakan) tetapi memiliki banyak kegunaan. Bagi anda yang belum tahu apa khasiat dari jenis tanaman dengan nama ilmiah Ocimum Basilicum ini, pasti penasaran dan ingin mengetahui kegunaan serta cara menggunakannya.


Lalu apa kegunaan dari pohon atau daun beraroma khas dan pewangi makanan ini? Mengutip dari Dokter Herbal, daun Kemangi atau Serawung ini ternyata memeiliki manfaat besar dan berkhasiat menyembuhkan gatal-gatal pada kulit.

Cara menggunakannya yakni gosokkan daun Kemangi di tempat yang gatal (permukaan kulit, red). Usahakan gosok hingga air daun Kemanginya keluar, karena getah daun adalah obatnya.

Itulah antara lain khasiat dari daun Kemangi. Cara mendapatkannya juga sangat mudah, karena tumbuhan ini tidak hanya ada di kebun pada daerah pedesaan tetapi banyak orang menjadikannya tanaman hias di pot. Selain itu, pada penjual sayuran di pasar-pasar tradisional juga jenis daun ini dapat dibeli dengan harga yang sangat murah.


TerPopuler