Apa Bedanya Negara Tiongkok, Hong Kong, Makau, dan Taiwan?

Apa Bedanya Negara Tiongkok, Hong Kong, Makau, dan Taiwan?

06 Februari 2021, 07.19
Bendera Negara Tiongkok, Hong Kong, Makau, dan Taiwan. (PROFAUPEDIA/REPRO)

Membincang keempat negara China ini, kerap orang menyamakan satu negara dengan lainnya. Padahal saling berbeda dan memiliki penciri masing-masing. Lalu apa penciri yang membedakannya?.


Mari membedakannya melalui bendera dan jenis  mata uang yang digunakan. Negara Tiongkok memiliki bendera berwarna merah dan terdapat 5 bintang pada sudut kiri bagian atas. Ada 1 bintang berukuran besar dan 4 bintang kecil. Makna bintang besar itu adalah perlambang Partai Komunis, sedangkan 4 bintang lainnya masing-masing menyimbolkan petani, pekerja, golongan karya, dan kapitalistik patriotik.

Hong kong memiliki bendera dengan bunga anggrek berkelopak lima. Pada setiap kelopak memiliki bintang merah, yang merupakan lambang Tiongkok sebagai tanah air dari Hong Kong. Bendera jenis ini (sebelumnya menggunakan bendera jenis lain) disetujui dan mulai digunakan sejak 4 April 1990. Adapun Makau memiliki bendera hijau bergambar bunga seroja pada bagian tengah. Air yang berada di bawah bunga seroja dan jembatan, merupakan perlambang posisi Negara Makau sebagai pelabuhan penting.

Sementara itu, Taiwan memiliki bendera berlambang matahari berwarna putih di sisi kiri atas dengan 12 sinar yang menyimbolkan 12 bulan dalam setahun.

Kemudian dari segi mata uang, Negara Tiongkok menggunakan mata uang bernama Yuan, Dollar Hong Kong (Negara Hong Kong), Pataca Makau (Negara Makau), dan Dollar Taiwan (Negara Taiwan).

Indikator pembeda lainnya adalah bahasa resmi yang digunakan pada masing-masing negara ini. Negara Tiongkok menggunakan beberapa bahasa resmi, namun yang dominan adalah Bahasa Mandarin. Adapun Negara Hong Kong berbahasa resmi yakni bahasa Inggris, Mandarin, dan Kanton, sedangkan Negara Makau sebagai bekas jajahan Portugis, menggunakan bahasa resmi yakni bahasa Portugal dan Mandarin. Sementara itu, negara Taiwan menggunakan bahasa resmi bernama bahasa Formosa.

Dari segi bentuk pemerintahan, keempat negara China ini juga saling berbeda. Tiongkok merupakan negara Republik Sosialis, Hong Kong adalah daerah administratif khusus dari Tiongkok, Makau adalah daerah istimewa dari RRT, dan Taiwan berbentuk Republik Semi Presidensial.

Demikianlah perbedaan masing-masing keempat negara China ini, yang dilihat dari aspek bendara, mata uang, bahasa, dan bentuk pemerintahan.

TerPopuler