Bagaimana Cara Menghitung Persen?

Bagaimana Cara Menghitung Persen?

22 Januari 2021, 10.01

Dalam aktivitas keseharian kita, tidak jarang pengetahuan tentang cara menghitung persentase tiba-tiba menjadi sebuah kebutuhan. Sebut saja seorang peneliti yang hendak menghitung jumlah penduduk, seorang pedagang yang ingin menghitung diskon dengan persentase, seorang pemberi piutang yang ingin menghitung suku bunga, dan lain sebagainya.


Hal ini membuktikan bahwa pengetahuan matematika penting dimiliki setiap orang apapun profesinya. Lalu bagaimana cara menghitung persen atau menentukan persentase? Inilah pertanyaan yang kerap muncul bagi adik-adik siswa atau pihak lainnya yang belum mengetahui cara menghitungnya. Banyak orang menganggap menghitung persen itu gampang-gampang susah, padahal jika diketahui caranya maka tentu tidak ada masalah.


Rumus menghitung persen adalah:

 

Selain itu, anda juga dapat menghitung bilangan berbentuk pecahan dengan nilai persentase yang telah diketahui, melalui rumus: Jumlah Bagian = Persentase (100%) x Jumlah Keseluruhan.
 
Rumus tersebut dapat digunakan untuk menghitung atau menentukan persentase. Berikut ini dikemukakan beberapa contoh penggunaannya dalam bentuk soal-jawab.

Contoh Soal Pertama:

Sebuah gelar berisi air mineral 500 ml, kemudian ditambahkan dengan air serupa ke dalam gelas sebanyak 50ml. Berapakah total pesen (%) kenaikan volume dalam gelas tersebut?

Pembahasan:

Jadi, total persentase kenaikan volume air dalam gelas tersebut sebanyak 10%

Contoh Soal Kedua:

Ahmad seorang karyawan di sebuah perusahaan jasa desain grafis mendapat tugas untuk menyelesaikan 50 buah desain pracetak xbenner selama tiga hari. Memasuki hari kedua, Ahmad telah menyelesaikan sebanyak 80% pekerjaannya. Berapa desain xbenner yang telah dikerjakan atau diselesaikan oleh Ahmad?.

Pembahasan:



Jadi, jumlah desain xbenner yang telah dikejakan Ahmad adalah sebanyak 40 buah.

Demikian rumus menghitung persen/persentase berikut contoh soal serta pembahasan. Kuncinya, untuk mahir dalam berhitung adalah memperbanyak latihan.                    


TerPopuler