Arti Kata Karebosi

Arti Kata Karebosi

18 Januari 2021, 12.20
Karebosi Tempo Doeloe. (DOKUMEN KITLV)

Arti kata Karebosi tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karena kata ini bukan Bahasa Indonesia. Kata Karebosi merupakan bahasa daerah Makassar, sebuah bahasa yang dituturkan oleh masyarakat yang bermukim daerah Sulawesi Selatan.


Karebosi berasal dari dua unsur kata yalni “kanro” yang berarti anugerah yang maha kuasa dan “bosi” yang berarti hujan yang menyiratkan keberkahan. Kanrebosi atau sekarang dilafalkan Karebosi, bermakna tempat yang penuh berkah. Dalam catatan sejumah sumber disebutkan Karebosi dahulu digunakan oleh Raja Gowa dan Tallo untuk melaksanakan hajatan pesta panen setelah musim panen selesai.


Karebosi yang pernah populer dengan nama Lapangan Karebosi dan lalu bagian dari ruang publik ini dijadikan pusat belanja (aktivitas ekonomi) bernama Karebosi Link, memiliki sejarah yang sangat panjang. Riwayatnya penuh dengan cerita-cerita mitos untuk mengukuhkan eksitensinya sebagai ruang atau tempat yang bersejarah.


Dalam Ensiklopedia Sejarah Sulawesai Selatan, disebutkan awal keberadaan Karebosi bermula dalam perannya sebagai hamparan sawah kerajaan. Pada 24 Desember 1632, puluhan rakyat Gowa secara sukarela turut serta menanam padi di sawah kerajaan yang bernama Karebosi.


References

Aidina, A. I. (2020). Lapangan Karebosi Kota Makassar. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial UNM.

Mappangara, S. (2004). Ensiklopedia Sejarah Sulawesi Selatan 1905. Makassar: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

 

TerPopuler